Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Kerangka Artikel terdiri dari :  

Judul, Abstrak, Pendahuluan, Kerangka Teoritis, Metode,  Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih, Daftar Pustaka.

Jumlah halaman pada artikel pada jurnal ini 10-15 halaman. Setiap artikel yang dimuat dalam Jurnal Riset Akuntansi (JRA) harus menyesuaikan dengan aturan baku sesuai di panduan ini yang mengacu pada jurnal yang diterbitkan oleh Elsevier (www.sciencedirect.com).

 

Judul Penelitian

Judul harus ringkas dan informatif, menggambarkan hasil penelitian dan variabel-variabel, serta hubungan antara variabel tersebut bisa dilihat dalam judul tersebut. Judul artikel hendaknya  paling banyak 12 kata.

 

Abstract

Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa indonesia, berisi uraian singkat pentingnya penelitian, tujuan penelitian, metodologi, hasil utama dan kesimpulan. Abstrak berisi ringkasan artikel yang berisi ide-ide pokok yang membuat pembaca tertarik. Dibawah paragraf abstrak dicantumkan Keywords (kata kunci) maksimal 6 kata kunci. Kata kunci yang ditulis harus khusus dan yang sering dipakai dalam artikel. Kata kunci akan digunakan untuk keperluan pengindeksan.

 

Pendahuluan

Bagian ini berisi latar belakang, alasan penelitian, rumusan masalah, pernyataan tujuan, dan organisasi penulisan. Adapun penulisannya tidak memakai sub judul  (sub-heading).

 

Kerangka Teori

Judul kerangka teori dapat mengunakan nama teori atau metode yang akan dipakai. Bagian kerangka teori berisi kerangka teori yang akan dibahas sebagai landasan teori yang akan digunakan pada metodologi untuk menghasilkan temuan sebagai hasil.

 

Metode

Bagian ini memuat langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian, disajikan secara lengkap namun  padat. Kalau melakukan pendataan harus dijelaskan  mulai dari metoda pengambilan sampel sampai dengan teknik analisis.

 

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan diungkapkan dengan padat dan jelas kerangka keilmuan yang diperoleh, bukan merupakan barisan tabel data atau gambar.

 

Kesimpulan

Bagian ini merupakan penutup artikel. Simpulan ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam bentuk paragraf. Implikasi dan keterbatasan penelitian juga disajikan dalam bentuk paragraf.

 

Ucapan Terima Kasih

Sekiranya diperlukan, dapat dituliskan ucapan terima kasih yang merupakan bentuk apresiasi adanya kontribusi dari perorangan maupun lembaga yang tidak bisa masuk sebagai penulis. Misalnya pemberi dana penelitian yang terkait dengan publikasi ini. 

 

Daftar Pustaka

Semua kutipan dan rujukan yang digunakan oleh penulis harus disajikan dalam bagian ini secara konsisten dengan tulisan, gambar atau tabel yang dikutip. Daftar Pustaka ditulis secara berurutan menurut abjad sesuai huruf pertama nama penulis. Para penulis yang dirujuk sesuai pada daftar pustaka yang diberikan.  Contoh penulisan diberikan pada Pedoman Penulisan untuk JSINBIS.

 

Format Penulisan Pustaka

Artikel jurnal:

Anderson,S.D., 1992. Project quality and project managers. International Journal of Project Management 10 (3), 138–144.

Benner, M.J., Tushman, M.L., 2003. Exploitation, exploration, and process management: the productivity dilemma revisited.AcademyofManagementReview 28 (2), 238–256.

Buku :

Christensen, C.M., 1998. The Innovator’s Dilemma: When New Technologies Cause Great Firms to Fail.HarvardBusinessSchoolPress,Boston,MA.

Deming, W.E., 1986. Out of Crisis.MITCenterfor Advanced Engineering Study,Cambridge,MA.

Buku Kompilasi (edited book)

Duncan, R.B., 1976. The ambidextrous organization: designing dual structures for innovation. In: Kilmann, R.H., Pondy, L.R., Slevin, D. (Eds.), The Management of Organization, vol. 1.North-Holland,New York, NY, 167–188.

Prosiding seminar:

Clare, L., Pottie, G., Agre, J., 1999.  Self-organizing distributed sensor networks, Proceedings SPIE Conference Unattended Ground Sensor Technologies and Applications, vol. 3713,Orlando,April 8, 229–237.

Skripsi/tesis/disertasi:

Heinzelman, W., 2000.  Application-specific protocol architectures for wireless networks, Ph.D. dissertation, Massachusetts Institute of Technology,Cambridge.

Internet:

Honeycutt, H., 2011. Communication and Design Course, 1998. Website: http://dcr.rpi.edu/commdesign/class1.html, diakses tanggal 3 Maret.

 

DOWNLOAD TEMPLATE PENULISAN VERSI DOCX

 

COPYRIGHT NOTICE

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:

  1. Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal atas publikasi pertama dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi Pengaitan Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
  2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat mengarah pada pertukaran produktif, serta kutipan pekerjaan yang dipublikasikan sebelumnya dan lebih besar.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan lain dari jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.

 Artikel-artikel yang diterbitkan JRA, terbukti secara ilmiah, yang mengikuti kode etik dalam publikasi ilmiah. Kode etik itu sendiri menjunjung tinggi tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu, (1) Netralitas (bebas dari konflik kepentingan dalam manajemen publik). (2) Keadilan (memberikan hak penulis untuk penerima sebagai penulis). (3) Kejujuran (bebas dari duplikasi, fabrikasi, pemalsuan dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi. Artikel-artikel yang diterbitkan juga mengikuti prosedur atau perintah tertentu, seperti proses revisi yang konsisten dengan tinjauan rutin jurnal, untuk memastikan bahwa kualitasnya terjaga dengan baik.